Cara Memasang Bondek

Posted by rulli rosalli - arsitek on Agustus 22, 2018 with No comments
Seperti yang diketahui dari uraian pertama di postingan Mengenal Bondek/bondeck atau Floordeck plat lantai berlapis galvanis atau yang sering disebut dengan Structural Floor Decking (Struktur Plat Lantai). Floordeck di gunakan untuk mempercepat proses pekerjaan beton. Dengan menggunakan floordeck waktu pekerjaan menjadi lebih efektif dibandingkan dengan proses pengerjaan secara konvensional.

Pemesanan Floordeck.
Floordeck dipesan diusahakan minimal 1 minggu sebelum proses pemasangan floordeck. Hal ini dikarenakan pemesanan floordeck membutuhkan waktu hingga sampai barang dikirim ke lokasi pembangunan. Ukur dan pastikan berapa lembar serta panjang floordeck yang dibutuhkan. Pastikan pemesanan sesuai kebutuhan karena floordeck yang sudah terpotong tidak dapat dikembalikan dan tidak dapat digunakan dengan menyambung floordeck karena ukurannya nya yang pendek. Jika kmudian harus memotong floordeck maka harus dipotong menggunakan alat berupa gunting pemotong baja atau gurinda dengan mata pisau pemotong metal.



Proses pekerjaan pemasangan floordeck hingga proses pengecoran.

Arah Floordeck ke arah bentangan balok yang terpendek
Pemasangan Bondek bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan membuat balok-balok penyangga terlebih dahulu kemudian menggelar floordeck. Kedua memasang floordeck bersamaan dengan merangkai besi beton balok dan plat lantai sehingga pengecoran dapat dilakukan secara langsung.

Pemasangan Floordeck setelah balok penyangga dicor.
Pemasangan Floordeck setelah balok selesai dicor
  1.  Pasang floordeck yang arah strukturnya ke arah bentangan balok yang terpendek
  2. Pasang penyangga pada titik-titik yang diperlukan untuk mengurangi beban yang tidak merata pada saat pengecoran dan saat coran belum kering. Penyangga dipasang dengan jarak 1,5m
  3. Pastikan permukaan balok pada ketinggian yang sama dan rata, tidak bergelombang.Hal ini untuk menghindari beban yang tidak merata pada permukaan floordeck saat pengecoran dan setelah pengecoran yang dapat mengakibatkan kegagalan struktur.
  4. Setelah dipastikan permukaan balok rata. Pasangkan/simpan floordeck ditepi balok minimal 2,5cm dari pinggir balok. Posisikan pemasangan floordeck sesuai dengan ukuran yang sudah dipesan.
  5. Pasang penguat floordeck berupa stek atau bolt untuk memastikan floordeck tidak bergeser terutama saat proses pengecoran dilaksanan. 
  6. Pada bagian pinggiran floordeck pasang end stop supaya campuran semen tidak tumpah. 
  7. Gelar Wiremesh/tulangan plat dengan memberikan jarak dari floordeck ke wiremesh sekitar 1,5cm 
  8. Floordeck sudah siap dicor setelah dipastikan bebas dari sampah dan material yang tidak penting  
  9. Selama Pengecoran berlangsung akan lebih baik tidak dilakukan dengan banyak orang untuk menghindari pergerakkan floordeck. 
https://www.youtube.com/watch?v=_vl7ptFGVcI&list=PLZYA9cJGjL9zp8AXNE4cuuIOHymlosd-R 

Pemasangan Floordeck yang dilakukan bersamaan dengan pemasangan besi tulangan balok serta besi plat lantai.
  
Teknik pemasangan seperti ini lebih menguntungkan karena pekerjaan pengecoran akan berlangsung 1 kali jalan. Tidak seperti teknik pengecoran dengan mengecor balok penumpu dahulu. Dan teknik ini lebih baik karena akan mendapatkan konstruksi beton T yang lebih sempurna.

Lembaran Floordeck dipasang diatas 2 balok pemikul, dimana floordeck disimpan diatas bekisting balok dengan jarak 2,5cm dari pinggir besi balok yang belum dicor. Setelah di bentangkan pasang angkur-angkur menggunakan besi beton yang di tembuskan ke floordeck dan diikatkan ke besi balok setelah sebelumnya angkur di bengkokkan.

angkur



Pemasangan Floordeck bersamaan dengan pemasangan besi beton



Floordeck dan Wiremesh yang sudah siap cor


Pengecoran Menggunakan Ready Mix
Setelah pengecoran dilakukan dan diratakan, maka tinggal menunggu kering hasil cor selama, disarankan, 28 hari atau kurang, tergantung daerah dimana proses pengerjaan berlangsung karena proses pengeringan akan dipengaruhi oleh kondisi cuaca/suhu disekitar pembangunan.