Mengenal Bondek atau Floordeck

Posted by rulli rosalli - arsitek on Agustus 13, 2018 with No comments


Bondek adalah bahasa yang dikenal dalam bahasa pertukangan sehari-hari  untuk menyebutkan bahan bangunan pelapis dasar cetakan beton. Bondek yang dikenal sebetulnya bernama floordeck. Floordeck sudah lama digunakan dalam pembangunan rumah tinggal bahkan hingga bangunan lantai banyak. Floordeck berfungsi sebagai pelapis dasar cor sekaligus berfungsi sebagai strukturi pengganti besi  yang biasa digunakan dalam pekerjan beton konvensional, dimana dalam proses pembuatan beton konvensional pembesian sering dibuat dua lapis tetapi dengan menggunakan floordeck cukup menggunakan besi satu lapis saja.

 Floordeck dibuat dengan bentuk dan konversi khusus sebagai penyangga cor beton dengan ketebalan tertentu sehingga kuat menopang beban besi dan beton di atasnya. Kemudian gelombang plat bondek dirancang khusus dengan bentuk yang telah diperhitungkan mampu menahan beban besi dan cor beton bertulang.

Kelebihan dan kekurangan Floordeck

  • Floordeck sebagai alas cetak pekerjaan plat beton  tidak perlu dibongkar setelah semen mengering seperti layaknya tripleks/multipleks yang digunakan sebagai alas cetakkan. Bahkan bondek dapat diekspos bagian bawahnya dengan tanpa atau dicat karena permukaannya yang rapi.
  • Dengan permukaan floordeck yang rapi tersebut pemilik tidak usah menutupnya dengan plafond. Dan tentu saya akan mengurangi nilai pekerjaan.
  • Floordeck anti bocor dan anti karat.
  • Berkurangnya volume bahan dan pekerjaan pemasangan serta pembongkaran perancah dalam pekerjaan beton menggunakan floordeck dibandingkan dengan pekerjaan beton dengan cara konfensional yang banyak menggunakan kayu
  • Menghemat volume cor beton lebih dari 15% hingga 25%.



Kekurangan/kelemahan penggunaan bondek sebagai bekisting

  • Plat bondek cukup sulit dipotong, pemotongan harus menggunakan alat khusus yang dinamakan angel grinder. Oleh karena itu pemesanan ukuran Floordeck harus benar-benar diperhitungkan dengan baik.
  • Pemasangan floordeck harus dilakukan oleh tukang yang ahli dan berpengalaman. Atau pekerjaan tukang ahli yang diawasi oleh aplikator
  • Floordeck tidak dapat dipasang pada bagian beton yang tidak memiliki balok tumpuan seperti kantilever.
  • Untuk memperkuat posisi/kedudukan floordeck seringkali harus dilas sehingga akan menambah beban pekerjaan dan bahan.

Bersambung ke : Cara Pemasangan Bondek