Bagaimana Mengembangkan Rumah

Posted by rulli rosalli - arsitek on Agustus 17, 2018 with No comments
Ketika saya mendapatkan permintaan untuk mengembangkan sebuah rumah dengan luas 70m2. Dengan permintaan pengembangan rumah seperti ini :

Lantai Dasar
  • Kamar Tidur 1 unit dan ruang lain yang sudah ada disesuaikan dengan kebutuhan dan pertimbangan kenyamanan rumah bagi penghuni
Lantai Atas
  • Kamar Tidur 3 unit - 2 unit kamar tidur anak dan 1 unit kamar tidur utama
  • Kamar Mandi 
  • Ruang Keluarga
  • Area Cuci dan Jemur
  • Kamar tidur diposisikan di bagian muka supaya mendapatkan matahari pagi
Dan kondisi rumah pada bagian yang sudah diberi warna, sudah dipasang plat beton/lantai beton yang pada awal pembangunan dulu memang sudah direncanakan akan dibangun dua lantai. Walaupun belum dipastikan perkembangan di lantai atas belum ditentukan seperti apa penataan ruangnya.

Setelah di pelajari ada beberapa hal yang dapat diusulkan kepada pemilik, mengenai beberapa posisi ruang dalam rumah yang harus dirubah untuk mendapatkan kelulasan, dan kenyamanan pemilik. 

  1. Posisi Kamar Mandi yang dapat dipindahkan ke dekat/belakang ruang tamu.dengan maksud area ruang keluarga dan ruang makan dapat dirasakan lebih leluasa. Dan pembatas dinding yang membatasi dapur (sekarang) dengan area tangga pun dapat dibuka.
  2. Dapur yang ada di bagian belakang dapat dipindahkan ke area rg tidur tengah, sehingga area dapur terpisah dengan ruang keluarga tetapi dekat dengan area void area tangga (dalam gambar ruangan diberi nama ruang dengan warna hitam).Atau bisa saja dibalik dapur tetap ditempat semula tetapi ruang keluarga dipindahkan ke area rg tidur tengah yang dpt disatukan posisinya dengan area tangga. (dalam gambar ruangan diberi nama ruang dengan warna merah).


Pengembangan Lantai Atas.

Pengembangan lantai atas dikembangkan berdasarkan pengembangan posisi ruang di lantai dasar. Dan pengaturan layoutnya seperti ini :

Di sini, seperti biasa dalam setiap konsep desain rumah saya tetap mengutamakan akses udara dan cahaya kedalam rumah.maka di lantai atas seluruh kamar tidur mendapatkan cahaya langsung kedalam ruang tidur. Dan untuk ruang tidur di bagian belakang yang mendapatkan cahaya matahari langsuug dapat diatur bentuk dan ukuran jendelanya yang tidak terlalu lebar yang mengakibatkan matahari sore langsung masuk kedalam kamar, tetapi cahaya tetap dapat masuk secara maksimal.

Begitu pun dengan void di area tangga yang dipertahankan tetap ada untuk menerima masukkan cahaya dan udara ke lantai daasar dan ke ruang keluarga di lantai atas. dan sama halnya dengan ruang tidur belakang di lantai atas, bentuk dan besaran jendela akan diatur sedemikian rupa sehingga panas matahari sore panas dan sinarnya tidak terlalu mengganggu kedalam rumah.

Lalu apakah desain ini sudah fix dan bagus? jawabannya belum. Karena pemilik belum tentu menyukai tata ruang seperti ini, walaupun ruang-ruang dalam rumah sudah disesuaikan dengan keinginan pemilik. Tetapi dalam pandangan pemilik pasti akan ada beberapa hal yang ingin dikembangkan lebih jauh yang tentu saja perlu didiskusikan kembali dengan saya sebagai arsiteknya.  Tentu saja ini menandakan, sebuah denah, sebuah desain, yang ditemukan dalam sebuah postingan atau pun hasil googling walaupun sesuai dengan ukuran tanahnya haruslah didiskusikan dengan ahlinya, karena desain , pun denah atau desain yang dibuat arsitek belum tentu sesuai dengan keinginan pemilik, dan untuk mendapatkan desain yang sesuai, harus melalui tahap diskusi dan konsultasi yang berkelanjutan.