memperbaiki bak mandi yang bocor

Posted by rulli rosalli - arsitek on Februari 07, 2011 with 6 comments
Bak kamar mandi bocor?. Bagi beberapa rekan-rekan pertanyaan seperti ini tentu masih berlaku. Terutama bagi rekan-rekan yang membeli rumah di perumahan dengan kelas menengah kebawah. Karena untuk perumahan menengah keatas hampir seluruhnya sudah menggunakan shower sebagai alat pelengkap kamar mandi. Bak kamar mandi bocor tentu saja sangat mengganggu, dimana bocornya bak dapat mengakibatkan habisnya air secara sia-sia, sehingga air tidak dapat digunakan seperti seharusnya.

Bak kamar mandi yang bocor, sering terjadi dari nat keramik (jika bak dibuat dari pasangan bata dan penutup keramik), dan bahan bak yang sudah tipis (jika bak terbuat dari bahan faber) sehingga retak-retak dan pecah karena benturan gayung dll.

Jika hal ini terjadi tentu saja harus menambal/melapis kembali seluruh bagian nat keramik atau melapis bagian-bagian yang retak pada bak faber dengan pelapis anti air. Untuk melapis ulang bak gunakan kuas untung mengoleskan campuran semen/pelapis air. Oleskan dengan merata keseluruh bagian, jangan sampai ada yang terlewatkan, terutama pada bak berlapis keramik, karena kebocoran tidak mudah ditemukan. lakukan hingga 3x dan biarkan hingga betul-betul kering.

Jika masih terjadi kebocoran lakukan kembali pelapisan.

Saran : penggunaan bak di kamar mandi memang masih menjadi kebiasaan bagi masyarakat di Indonesia, karena jika tidak mandi dengan kondisi air melimpah rasanya seperti tidak mandi. =) Namun alangkah baiknya jika penggunaan bak mulai dihilangkan dan diganti dengan shower sebagai perangkat alat pelengkap kamar mandi, karena dengan menggunakan shower penggunaan air jauh lebih hemat. Setidaknya dengan menghemat air, kita bisa mendukung program save the world dari pemanasan bumi.

Categories: