Diskusi tentang mesjid dan keinginan anda.

Posted by rulli rosalli - arsitek on Maret 29, 2011 with 11 comments
Rekan-rekan Garis.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Beberapa hari kemarin Garis diberikan kepercayaan untuk membantu salah seorang kenalan yang berencana membuat sebuah mesjid besar di Garut. Besar disini diartikan, mesjid yang luas yang dapat menampung berbagai aktivitas keagamaan. Mulai dari menampung umat islam disekitarnya juga tamu yang berkunjung ke daerah ini yang secara langsung ataupun tidak, ingin menjalankan kewajibannya untuk sholat bersama di mesjid ini. Selain itu diharapkan mesjid ini mampu menampung berbagai perlombaan keagamaan atau juga menampung kegiatan acara pernikahan atau rapat pertemuan keagamaan dengan menyediakan fasilitas penunjang.

Harapan beliau, pemilik rencana mesjid ini, diharapkan mesjid ini akan menjadi mesjid seperti mesjid kubah emas atau mesjid Dian al-mahri yang terkenal dan banyak dikunjungi orang untuk beribadah dimesjid ini. Paduan model arsitektur seperti mesjid At-Tien (pemilik menyukai beberapa bentuk ornamen arsitektur yang ada di mesjid at-tien), Mesjid Al Nabawi di madina, dan Mesjid Jahan Numa atau lebih dikenal Mesjid Jami' Delhi di India yang dapat menjadikan mesjid ini mesjid yang menggambarkan keagungan Allah dan memberikan suasana yang khidmat saat para pengunjung datang ketempat tersebut mempunyai keinginan yang sama yaitu sholat bersama mendekatkan diri dengan bersujud kepada Allah SWT bersama dengan umat muslim lainnya, bukan sekedar mesjid yang dibangun mewah dan berlebihan atau sia-sia.

Silahkan berikan banyak saran mengenai bagaimana mesjid seharusnya, atau apa yang diharapkan anda saat berkunjung ke sebuah Rumah Allah untuk sholat. Atau mungkin masukkan lain dari rekan-rekan Garis mengenai sebuah mesjid setelah melihat mesjid lain. Seperti kebersihan yang tidak terjaga padahal mesjid tersebut sudah begitu mewah dan dibangun dengan sangat mahal, dan tempat pembuangan sampah sudah ditempatkan dibanyak titik untuk meminimalisir sampah yang diakibatkan oleh pengunjung mesjid.Tugas Garis saat ini tentu selain mencoba memenuhi keinginan pemilik, sekaligus memberikan banyak masukkan tentang sebuah mesjid, tidak hanya dari fungsinya yang utama sebagai tempat sholat kaum muslim, tetapi juga dari hal-hal lain yang mungkin terlewatkan dari segi desain arsitektur yang lainnya, efisiensi ruang, fungsi ruang, skala, dll nya. Dan melalui forum diskusi ini pula, Garis mengajak rekan-rekan Garis untuk memberikan masukkan mengenai sebuah mesjid yang diinginkan.

Jadi, silahkan berbagi disini, bertukar pendapat, bercerita tentang apa yang dibanggakan oleh rekan-rekan mengenai sebuah mesjid, atau hal apa yang membuat anda begitu khusyu berada di mesjid itu.

Semua hal yang dibicarakan di blog kami ini, akan Garis sampaikan kepada pemilik sebagai sebuah bahan masukkan bagi beliau.


Terakhir, jika saja keinginan pemilik dapat Garis penuhi tentu semuanya adalah kehendak dan izin Allah. Semoga jika ini menjadi salah satu cara lain kami untuk beribadah mengagungkan Agama Islam sebagai Agama Allah, Allah akan memberikan banyak ilmu kepada Garis untuk membuat mesjid yang baik dan penuh berkah. Dan semoga segala rencana ini menghindarkan Garis dari hal-hal yang menyebabkan kesombongan dan segalah kehilafan yang justru harus dihindarkan. Amin.
Terimakasih.

Wass. wr. wb.
Garis Cipta Karsa

Untuk studi bentuk kami sudah buat untuk tahap prtama. bisa rekan-rekan cek melalui link ini :
http://www.youtube.com/watch?v=qMaJOMricp8

pengembangan desain yang dilakukan pada tahap pertama
Categories: