Rumah Tinggal Ibu Diana - Subang

Posted by rulli rosalli - arsitek on Februari 23, 2014 with 6 comments

Project : Rencana Pengembangan Rumah Tinggal
Pemilik : Ibu Diana 
Lokasi :  Subang
Tahun : 2012

Pada awalnya, ibu diana berencana akan merenovasi rumah tinggal di daerah subang yang selama ini ditempati beliau. Oleh karena itu Ibu Diana dan suaminya pak Ahmad menugaskan kepada saya dan team untuk meredesain tata letak ruang juga tampak rumahnya tanpa membongkar secara keseluruhan rumah eksisting. Diharapkan renovasi itu nantinya hanya menambah struktur baru, karena diinginkan ada lantai atas di rumah baru nanti, dan menambah ruangan yang diperlukan dan membuang yang tidak diperlukan. Oleh karena itu tata letak ruang di rumah ibu diana ini beberapa bagian dan posisi ruangnya masih mengikuti rumah lama.

Seperti kamar tidur utama dan kamar mandinya, dimana posisinya sama seperti posisi awal hanya untuk kamar tidur utama mengalami penambahan luas. kemudian kamar tidur anak depan posisinya sama hanya luasnya diperkecil dan kelebihan luas dari kamar tidur anak tersebut dijadikan kamar mandi. dan dapur, garasi, kamar mandi belakang hampir dikatakan tidak mengalami perubahan. Kamar tidur anak dibagian tengah, pada perkembangannya dijadikan ruang kerja bagi Pak Ahmad dan ruang untuk menerima tamu secara santai.

Ruang keluarga, ruang makan mengalami perubahan posisi dimana tadinya ruang makan dan ruang keluarga menghadap taman yang posisi tamannya berada dipaling belakang. Namun dalam rencana renovasi saya megusulkan taman diposisikan diarah samping kiri rumah, sehingga ruang keluarga dan ruang makan menghadap langsung kearah taman tersebut. Tujuan pemindahan taman/ruang terbuka kearah samping tentu saja dimaksudkan untuk membuat sirkulasi udara dan cahaya masuk lebih maksimal kedalam rumah Dimana aliran udara dan cahaya dari hampir setiap sisi akan mudah diperoleh.

Pada bagian garasi, saya membuat void untuk mengalirkan udara didalam garasi kearah atap / area jemur sehingga jika nanti mobil memasuki garasi, asap yang keluar dari knalpot dapat langsung tertiup keluar karena sirkulasi udara dibuat mudah mengalir didalam garasi.


Denah Lantai Dasar

Memasuki lantai atas. ruang di lantai atas ini hanya terdiri dari ruang tidur anak, ruang komputer, ruang keluarga, ruang setrika dan kamar mandi serta area jemur. Dari arah ruang keluarga lantai atas, dan sebaliknya saya tempatkan void untuk membuat kesan ruang keluarga dilantai atas dan bawah menjadi leluasa dan tidak pengap. sekali lagi fator akses cahaya dan udara menjadi perhatian saya dan team untuk masuk lebih maksimal kedalam rumah tanpa terhalangi oleh bidang-bidang bangunan yang terdapat didalam rumah.

Pada Void saya menempatkan jendela kaca tinggi dan tipis tanpa kusen, seirama dengan pintu kaca di ruang keluarga lantai dasar yang menghadap taman. Dengan jendela kaca dan pintu kaca ini dapat memberikan kesan leluasa dan sinar yang selalu terang kedalam rumah selama siang hari.

Untuk akses pembantu keluar masuk area jemur dan ruang setrika, saya menempatkan tangga putar dari arah garasi ke area jemur sehingga penghuni rumah tidak merasa terganggu karena pembantu harus melihat naik turun karena pekerjaan yang banyak. 


Denah Lantai Atas

Alhamdulillah saat ini rumah ibu diana sudah selesai pembangunannya, Ibu Diana dan keluarga sedang merapih-rapihkan seluruh ruang, karena awal tahun 2014 ini ibu diana resmi mengisi rumah barunya

Tampak Depan Rumah Ibu Diana - Subang





Categories: