pengembangan dan redesain fasad rumah dua lantai di rancamanyar

Posted by rulli rosalli - arsitek on April 02, 2013 with 8 comments
Project : 
Pengembangan & Redesain Rumah Tinggal 2 Lantai
Lokasi   : 
Jl. Rancamanyar I - Turangga. Bandung
Pemilik : 
Bp. Arianto Bowo & Ibu Wati
Arsitek  :
Rulli Rosalli. ST. Ars
Tahun Pekerjaan :
Tahun 2012



Tahap pertama diskusi saya menggali apa yang diinginkan oleh ibu wati. pada dasarnya pengembangan rumahnya tidak terlalu rumit, hanya mengembangkan rumah dengan menggeser dinding bagian muka bangunan sepanjang 50cm kearah depan untuk membuat ruang didalam rumahnya menjadi lebih leluasa dan lebih lega dari yang sekarang ada. Kemudian keinginan lainnya adalah merubah desain fasad yang sekarang menjadi fasad yang lebih "baru" dari sisi desain fasadnya, sehingga terlihat lebih segar dengan tampilannya yang baru.










Maka dari hasil diskusi saya dengan ibu wati, juga anggota keluarganya yang lain, akhirnya kami menemukan desain fasad yang paling diinginkan oleh ibu watu dan keluarga. Seperti inilah desain fasad yang ibu wati dan keluarga minta.




 Pengembangan Saat Pembangunan :








Saat pembangunan mulai dilaksanakan, banyak yang menjadi perhatian saya terutama struktur. Struktur bangunan lama betul-betul sangat mengkhawatirkan, karena kondisi beton serta tulangannya tidak memenuhi standar konstruksi. Seperti beton yang rapuh, mudah dipecah, tulangan besi beton yang menggunakan ukuran kecil dan tidak tersambung dengan tulangan lain, serta tidak adanya pondasi di beberapa titik. 
Tentu saja kondisi seperti ini harus diperbaiki, sehingga pada saat pembangunan terjadi penambahan pondasi dan balok serta kolom selain struktur yang sudah direncanakan untuk membuat struktur rumah ini menjadi kuat dan aman.

Kemudian peninggian lantai kami tambahkan dari ketinggian awal 3,5m menjadi 4m untuk membuat suasana rumah menjadi lebih baik terhadap pengkondisian udara serta keleluasaan ruang didalam rumah.