Menghitung Kebutuhan Genteng

Posted by rulli rosalli - arsitek on Maret 01, 2018 with No comments

Mereka yang sedang membangun rumah sendiri, ketika pekerjaan sudah mencapai pekerjaan pemasangan genteng, sementara pekerjaan anda hanya dibantu oleh kelompok tukang terkadang harus siap menyediakan baha-bahan penutup atap, genteng dengan jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, supaya genteng yang dibeli tidak berlebihan tidak juga kekurangan.

Untuk menghitung kebutuhan genteng kami memeberikan gambaran perhitungannya seperti  ini :
Ketahui luas atap yang dibuat di rumah yang sedang anda bangun. perhitungan luas jika gambar rencana rumah tinggal anda dibantu oleh arsitek sehingga anda memiliki gambar rencana rumah nya maka luas atap dapat dihitung dari ukuran yang ditampilkan oleh arsitek di gambarnya. Contohnya gambar rencana rumah anda seperti ini :
 
Pertama-tama ketahui panjang genteng dari potongan A berapa meter, tentu saja panjang genteng ini akan dipengaruhi oleh bentuk atap yang dipakai dirumah anda. Sementara dari contoh yang ditampilkan diatas maka panjang atap dari kiri  ke kanan sama dengan lebar lahan rumah yaitu 10m

 Kedua, ukur panjang atap dari kemiringan atap yang kemiringannya mengarah ke bagian belakang seperti yang diperlihatkan dalam gambar Potongan C-C. Misalkan panjang atap yang bagian belakang dari ujung bubungan ke arah ujung atap bagian belakang adalah 6M. maka luas atap bagian belakang rumah yang kemiringannya menghadap kearah belakang luasnya adalah 6M x 10M = 60M

Ketiga, ukur panjang genteng dari kemiringan atap yang kemiringannya mengarah kebagian depan rumah. Misalkan panjang atap yang bagian depan dari ujung bubungan ke arah ujung atap bagian depan adalah 4.5M. Maka luas atap bagian depan rumah yang kemiringannya menghadap ke depan adalah 4,5M x 10M = 45m2.
Dengan demikian luas atap yang akan terpasang dirumah anda adalah 60m2 + 45 m2 = 105m2.
 
Lalu berapa jumlah genteng yang diperlukan untuk digunakan di atap seluas 105m2 tersebut?. Rata-rata penggunaan genteng dalam 1m2 nya berjumlah 25 buah. Tetapi karena saat ini begitu banyak genteng yang diproduksi akan lebih baik ditanyakan kepada penyedia genteng untuk diketahui berapa jumlah genteng yang diperlukan dalam 1m2 nya sesuai dengan merk dan tipe yang anda pilih. Karena jumlah genteng dalam tiap 1m2 nya akan dipengaruhi oleh ukuran gentengnya sendiri.

Tentu saja jika yang diperlukan dalam 1m2 nya adalah 25buah maka tinggal dikalikan saja 25buah x 105m2 = 2.626buah genteng.  Dan jika dalam 1m2 nya dibutuhkan 27 buah maka tinggal dikalikan saja 27buah x 105m2 = 2.835 buah. Jangan lupa tambahkan beberapa keping genteng tambahan untuk cadangan jika terjadi kerusakan saat pemasangan atau untuk cadangan setelah rumah anda selesai dibangun.

Link Lain untuk menghitung kebutuhan bahan :
Menghitung kebutuhan semen untuk pemasangan keramik
Menghitung kebutuhan penutup lantai (keramik/Granit)