konsultasi pengembangan desain rumah tipe 36 (bagian 2)

Posted by rulli rosalli - arsitek on Maret 06, 2011 with No comments
Bagi rekan-rekan yang baru membaca bahasan mengenai proses konsultasi desain pengembangan rumah Cihanjuang ini dapat melihat bahasan pada bahasan pertama pada bahasan sebelumnya. yaitu konsultasi pengembangan desain rumah tipe 36.


Inilah tanggapan dari Mba Nita dan Mas atas kiriman denah yang team saya buat. Mba Nita dan Mas Arief mengirimkan usulan denahnya kepada team.

Dari hasil tinjauan dan penjelasan dari Mba Nita. team melihat ada satu kekurangan yaitu ruang keluarga dan ruang makan sama sekali tidak mendapat bukaan yang baik karena akses bukaan keluarga ke arah luar terhalang oleh, dapur, ruang tamu dan kamar tidur.
Tentu sangat disayangkan jika pengembangan rumah ini nantinya akan memberikan suasana gelap dan pengap didalam rumah.
Untuk penataan ruang lainnya saya menilai sangat maksimal karena ruang-ruang yang didapat menjadi luas, seperti kamar tidur lantai atas dan juga ruang keluarga. Namun penempatan gudang dilantai atas tentu dirasakan kurang tepat mengingat nantinya dirumah ini akan dihadirkan sebuah warung/toko yang menjual keperluan sehari-hari yang tentunya membutuhkan ruang penyimpanan yang mudah dijangkau.

Dengan usulan tersebut diatas saya mencoba mengusulkan kembali denah yang dibuat diusulan pertama dengan alternatif pilihan adalah alternatif desain 1. Pertimbangan saya tentu melihat kebutuhan ruang yang diinginkan oleh Mba Nita dapat terpenuhi dalam desain denah alternatif 1. hanya saja beberapa perubahan fungsi didenah tersebut disesuaikan kembali. yaitu kamar mandi eksisting yang tadinya direncanakan untuk kamar mandi utama, kembali dijadikan kamar mandi bersama,mengingat toilet yang direncanakan sebelumnya tidak memungkinkan, dan posisinya menjadi gudang.
Untuk warung/toko, kami mengusulkan kepada Mba Nita dan Mas Arief untuk menempatkannya dibagian depan rumah, halaman rumah, dengan desain khusus, sehingga tidak menganggu rumah namun dapat tetap tampil baik dan menarik sebagai sebuah tempat penjualan kebutuhan sehari2. saya akan menyiapkan desain khsusus untuk warung/toko ini.

Dari hasil usulan kami akhirnya Mba Nita menyetujuinya dan memberikan kepercayaannya kepada saya untuk mengembangkannya lebih jauh.

Dengan disetujuinya layout ruang, saya saat ini mulai mengembangkan desain ke arah desain tampak dan mulai menghitung biaya pembangunan.

Untuk berita selanjutnya, silahkan tunggu kabarnya kembali dari saya. =)

*berlanjut ke tahap 3
Categories: