Mencegah Lepasnya keramik

Posted by rulli rosalli - arsitek on Oktober 09, 2010 with No comments
Kategori : Tips
Topik : Mencegah keramik lepas

Pooping Up, mungkin sebuah istilah yang belum anda kenal selama ini karena jarang anda dengar istilah tersebut diungkapkan oleh ahli bangunan atau tukang bangunan kepada anda. Pooping up adalah kerusakan pada keramik karena keramik tersebut terangkat atau lepas dari tempat keramik tersebut terpasang.

Biasanya masalah keramik lepas ini terjadi pada keramik yang terpasang pada plat beton seperti dilantai dua, atau lantai yang dicor beton. Hal ini dikarenakan adanya perubahan struktur bangunan yang melendut. Perubahan inilah yang memicu lepasnya keramik dari lantai karena berubahnya kekakuan campuran semen yang berfungsi untuk menempelkan keramik ke lantai.

Namun bisa saja lepas nya keramik terjadi dilantai dasar yang tidak dicor. Jika hal ini terjadi ada beberapa penyebab terjadinya pooping up atau keramik lepas.

1. Sebelum dipasang keramik tidak direndam terlebih dahulu dalam air.
Merendam keramik didalam air dimaksudkan untuk membuat keramik lebih elastis. Jika keramik menjadi elastis tentu pada saat pemasangan dilakukan, muai susut pada keramik dapat dihindari. Sebelum dilakukan pemasangan, keramik yang sudah direndam dan akan dipasang, akan lebih baik hasilnya jika bagian belakang keramik diolesi air semen, sehingga daya rekat semen akan lebih maksimal.

2. Campuran semen pasir yang tidak tepat, sehingga daya rekat campurannya menjadi berkurang. campuran yang tidak tepat bisa saja terjadi karena tukang pasang keramik belum berpengalaman membuat campuran semennya. Jika demikian sangat disarankan untuk menggunakan campuran semen yang sudah jadi dan dapat langsung dipakai untuk pemasangan keramik.

3. Lapisan tanah dibawah keramik proses pemadatannya tidak matang. Jika pemadatan tidak dilakukan dengan baik dapat menimbulkan ketidakstabilan tanah yang dipasangi keramik.

SIlahkan mencoba, semoga tidak timbul masalah pada rumah anda...


Categories: