Rumah Mungil Fungsi Maksimal

Posted by rulli rosalli - arsitek on Februari 11, 2014 with 17 comments

Project : Perencanaan Rumah Tinggal 2 Lantai.
Lokasi : Padalarang Bandung
Pemilik : Pak Asep
Tahun : 2010





Luas tanah untuk desain rumah tinggal ini tidak luas, memiliki banyak keterbatasan untuk mendapatkan luas ruang yang maksimal dan sempurna. Namun permintaan pemilik untuk mendapatkan ruang-ruang yang diinginkan oleh pemilik tetap dapat dipenuhi.



Lantai Dasar :
Pada lantai dasar, kami khusus membuat ruang-ruang pendukung aktifitas penghuni, seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar mandi, ruang cuci, dan dapur. seluruh ruang yang ada dilantai dasar merupakan ruang yang sepenuhnya digunakan untuk berkumpul dan beraktifitas seluruh keluarga. Dengan luas lantai dasar yang terbatas, kami tetap mencoba memberikan suasana yang nyaman bagi penghuninya nanti.

1. sekat yang tidak terlalu banyak. antara ruang tamu, ruang keluarga, rg. makan serta dapur, kami buat terbuka tanpa sekat, sehingga kesan luas dari rumah tinggal ini tetap dapat dirasakan oleh penghuni.
2. Volume bukaan yang maksimal. udara yang dapat masuk secara silang kedalam rumah dapat membuat udara didalam rumah tetap segar karena aliran udaranya lancar, dari arah depan kebelakang rumah atau sebaliknya dapat menjadikan rumah ini menjadi rumah yang sehat. cahaya matahari yang selama 12 jam dapat masuk kedalam rumah secara bebas tanpa hambatan dapat menghindari penggunaan energi tambahan yang berlebihan.
3. bukaan pada sisi depan dan belakang rumah dengan memasang kusen pintu dan jendela kaca dapat memberikan kesan luas pada rumah mungil ini, karena pandangan kearah taman dapat dinikmati secara bebas oleh penghuni.

Lantai Atas :
Lantai atas betul-betul digunakan untuk area privacy dan area beristirahat penghuni. di lantai atas tidak dapat digunakan sebagai area berkumpul karena adanya keterbatasan lahan, namun penghuni dapat dengan mudah mencapai akses ke lantai dasar sebagai area berkumpul keluarga.

Prinsip bukaan pada lantai atas sama dengan lantai dasar. bukaan pada tangga, juga bukaan pada void dengan kusen tinggi dan lebar dapat membantu seluruh ruang mendapatkan udara dan cahaya matahari.

Pada akhirnya, seluruh ruang dari rumah ini full mendapatkan cahaya serta udara alami yang berlimpah.




Fasad Rumah :
Berdasarkan permintaan rekan kami kemarin, rumah ini tidak mahal tapi tampilannya tetap enak dipandang mata, dan minimalis modern. oleh karena itu dalam perencanaan fasad, kami tidak memasang material bangunan yang mahal apalagi sulit didapat. Finishing rumah ini hanya menggunakan cat dan plesteran yang dimodifikasi.

Karena lebar rumah yang tidak terlalu besar, sehingga ketinggian bangunan jika dilihat dari bawah bisa menjadi sangat tinggi sehingga mengganggu pandangan dan kenyamanan orang, maka dalam fasad ini kami memberikan garis-garis horizontal yang diharapkan dapat memberikan kesan melebar pada bangunan, seperti penggunaan besi pada balkon, garis nat pada dinding rumah, profil, arah garis plester garuk ke arah horizontal. Dan untuk menghilangkan kesan sempit pada rumah, warna cat yang digunakan tentu saja berwarna cerah. Penggunaan warna merah sebagai titik tangkap pandangan, ditambah warna strip kuning pada balkon diatas warna krem yang mendominasi warna bangunan diharapkan dapat membuat rumah mungil ini berkesan lega, nyaman ramah dan menarik.

Categories: