Konsultasi Desain Rumah Pak Dwi

Posted by rulli rosalli - arsitek on September 29, 2010 with 2 comments

Konsultasi desain : Pembangunan Rumah
Pemilik : Pak Dwi D
Lokasi : Surabaya
Arsitek : Rulli Rosalli, ST
Tahun : 2008


Pada Konsultasinya pak Dwi mengajukan sebuah oret-oretan layout ruang untuk rencana rumah tinggalnya di Surabay, Pak Dwi menanyakan kepada kami mengenai layout ruangnya apakah sudah baik, sehingga nanti saat ditempati Pak Dwi dan keluarganya akan merasa nyaman tinggal di rumahnya.

Setelah kami pelajari tata ruang rumah yang dibuat pak Dwi, ada beberapa yang perlu disampaikan ke Pak Dwi. yaitu :

toko> terlalu maju ke arah depan/ke arah jalan, sehingga dari aturan pemerintah kota tentu saja tidak akan diijinkan. terlepas dari aturan tersebut, tentu akan menyebabkan rumah pak Dwi terlihat sangat pengap karena area terbuka sangat sedikit.
ruang keluarga/santai, kamar tidur (2 unit) > akan gelap, karena tidak mendapatkan cahaya dari luar. jika menggunakan lampu, tentu akan menghabiskan energi karena seharian akan dinyalakan untuk penerangan. Terutama yang harus diperhatikan adalah sirkulasi udara yang tidak lancar, tentu akan mengakibatkan ruang tersebut menjadi lembab dan tidak sehat.
musholla > sebagai tempat suci, sebagai tempat beribadah, tentunya harus terbebas dari najis. oleh karena itu posisi musholla yang dibuat oleh pak Dwi tidak tepat karena musholla tersebut kemungkinan besar akan becek dan terkena percikan najis dari kamar mandi.
secara keseluruhan > kenyamanan rumah pak dwi bergantung pada penataan ruang yang lebih baik, sehingga seluruh ruang akan terasa lebih lapang, lebih leluasa, kaya akan cahaya dan udara alami sehingga penggunaan energi dapat dikurangi dengan maksimal.


saran kami untuk pak Dwi :

carport > sebagai pendukung usaha Pak Dwi, dimana pak Dwi membuka toko komputer dirumahnya, maka sarana parkir sebagai fasilitas pelayanan untuk tamu2nya harus menjadi prioritas. begitu juga dengan akses kedalam rumah dan kedalam toko tidak saling mengganggu namun privacy penghuni tetap terjaga.
kamar tidur > kamar tidur ditempatkan di posisi yang dapat menerima udara dan cahaya dengan maksimal, maka untuk kamar tidur utama kami menempatkan taman terbuka yang dapat mempengaruhi ruang lain seperti musholla dan ruang keluarga.
musholla > menghadap ke arah taman, sehingga penghuni saat melakukan sholat akan terasa lebih tenang dan leluasa karena tidak dilewati lalu lalang orang.
kamar mandi > kami tetap rencanakan 2 unit. 1 kamar mandi depan yang dapat melayani penghuni dan juga tamu yang datang. dan satu lagi diposisikan bersebelahan dengan musholla, sehingga setelah wuhdhu pencapaian ke arah musholla tidak lah jauh. begitu juga pencapaian dari arah kamar tidur anak dibelakang tidak terlalu jauh.
ruang makan, dapur > mendapatkan cahaya dari taman dalam dan area jemur di bagian belakang. hali ini juga akan mempengaruhi sirkulasi udara yang lancar, mulai dari arah depan rumah, tengah rumah hingga belakang rumah.
Categories: