Rumah Klasik Padang

Posted by rulli rosalli - arsitek on September 29, 2010 with No comments

Perencanaan : Rumah Klasik
Pemilik : -
Lokasi : Pdang
Arsite : Rulli Rosalli, ST
Tahun perencanaan : Tahun 2007

Pada tahun 2007. Pak Rico sebagai pengusaha di bidang penjualan pulsa menghubungi Studio Garis. Pak Rico meminta bantuan kami untuk mendesain rumah tinggal pamannya yang berlokasi di Padang.
Pak Rico mengatakan pamannya sudah membuat sebuah denah rumah yang akan segera dibangunnya. Namun setelah kami lakukan studi ruang pada denah rencana rumah yang sudah dibuat, kami mencoba memberikan beberapa masukkan kepada Pak Rico dan pamannya. Sehingga setelah melakukan beberapa diskusi kami mendapatkan layout ruang yang tepat untuk pamannya Pak Rico.



Layout Ruang :
Pada dasarnya konsep rumah yang diinginkan oleh Pak Rico adalah rumah yang simetris. Dimana bagian sisi kiri dan sisi kanan bangunan terbagi menjadi bagian yang sama. Maka pembagian ruang-ruang yang ada adalah seperti terlihat dalam gambar. 2 Unit kamar tidur anaklengkap dengan kamar mandi didalam diposisikan di bagian sisi kanan depan dan sisi kiri depan di bagian depan rumah. Sedangkan kamar tidur utama berada di sisi kiri bangunan dengan kamar mandi didalam serta taman pribadi.Begitu juga dengan kamar tidur tamu yang berada diposisi kanan dilengkapi dengan kamar mandi didalam dengan sudut pandang ke arah halaman belakang.
Ruang keluarga dan ruang makan yang luas, dengan 8 kursi makan dapat diletakkan dengan leluasa diruang keluarga dan ruang makan. Ditambah dengan bukaan jendela dan pintu ke arah taman belakang sangat memberikan kesan yang sangat luas bagi penghuninya. Sementara area servis yang terdiri dari dapur, kamar mandi, ruang cuc
i dan kamar pembantu berada di sisi kiri belakang rumah.
Untuk tetap menjaga privacy penghuni, pada bagian kamar tidur anak, karena pintunya menghadap kearah ruang tamu, kami memajukan posisi ruang tamu ke arah depan untuk menghindarkan masuknya anak-anak ke ruang tamu saat tamu datang berkunjung. Dan untuk lebih memperkuat perbedaan fungsi, kami membedakan ketinggian lantai ruang tamu setinggi 80cm dibawah lantai ruang lain yang berada di ketinggian 1m diatas permukaan tanah. sehingga area tamu secara visualisasi dan psikologis akan terlihat dan terasa terpisah dari ruang dalam dan kamar tidur anak. Hal ini menguntungkan juga bagi kami karena fasad rumah akan terlihat lebih megah dengan tiang-tiang sebagai ornamen fasad rumah serta tangga yang dapat memberikan kesan kokoh pada rumahnya

Fasad Rumah :
Penggunaan Material tidak banyak digunakan pada perencanan Fasad. Yang digunakan untuk finishing adalah Cat dengan warna gradasi abu-abu hitam serta putih, batu sikat dan batu tempel untuk perkerasan area carport. Dengan penggunaan bahan-bahan seperti ini kami harapkan rumah bergaya klasik ini akan terlihat kokoh dan kuat, didukung oleh batu alam di carport serta jendela kaca dan daun pintu yang tinggi.
Categories: