Pengembangan Rumah Tinggal Ibu Sisi - Jakarta

Posted by rulli rosalli - arsitek on September 13, 2010 with 2 comments


Perencanaan : Pengembangan Rumah
Pemilik : Ibu Sisi
Lokasi : Jakarta
Arsitek : Rulli Rosalli, ST

Pada saat ibu sisi menghubungi kami via web site dan fb. Kami mendapat penjelasan mengenai kondisi rumahnya waktu itu. Penataan ruang yang sudah ada dan lebar rumah yang tidak terlalu besar, menjadikan rumah ibu sisi menjadi terasa sesak dan pengap karena sirkulasi udara dan akses cahaya yang sangat terbatas yaitu hanya dari ruang depan saja. Ruang-ruang yang terbentuk didalam rumahnya menjadi ruang2 yang gelap karena setelah kami perhatikan kondisi tersebut diatas dikarekanan terdapat ruang didalam ruang. kemudian menjadikan ruang didalam rumahnya berupa lorong memanjang dari ruang depan hingga ruang belakang.
Melalui email dan fb itulah ibu sisi menghubungi kami untuk membantu beliau mendapatkan rumah yang sehat dan nyaman, dengan udara yang mengalir dengan baik serta curahan cahaya alami yang dapat menjadikan rumah ibu sisi rumah yang sehat dan nyaman.

Maka setelah melakukan beberapa studi ruang kami akhirnya menemukan alternatif yang menurut kami baik dan maksimal dan sesuai dengan permintaan ibu sisi.

Lantai dasar.
Secara keseluruhan lantai dasar mengalami perubahan ruang2 dari ruang lama menjadi ruang2 baru, hal ini berdasarkan pertimbangan dari beberapa permintaan ibu seperti adanya bukaan untuk udara dan cahaya sehingga rumah ibu menjadi sehat.
mulai dari arah depan. ruang tamu yang berukuran cukup besar yaitu 5x4,6m kami bagi menjadi beberapa ruang baru seperti ruang tamu, dapur di depan carport, dan teras. masuk ke lebih dalam, kamar tidur serta lorong didepannya kami bongkar dindingnya dan menjadikannya sebagai ruang makan dan ruang keluarga. dimana ruang makan yang lama kami jadikan ruang terbuka berupa taman untuk memberikan bukaan udara serta cahaya kedalam rumah. sehingga ruang keluarga, ruang makan serta ruang tidur utama (posisi kamar tidur utama berada dilorong kamar tidur belakang) mendapat udara dan cahaya yang maksimal. bahkan kamar tidur utama pun memiliki kamar mandi pribadi dan mendapat taman pribadi yang sekali lagi dapat memberikan sirkulasi udara yang sangat baik untuk rumah ibu sisi, dimana udara akan mengalir dengan baik mulai dari ruang depan ke bagian belakang rumah.

Lantai atas
Hampir secara keeluruhan ruang2 dilantai atas kami usulkan untuk dibongkar karena untuk mendapatkan ruang2 yang tepat dan sesuai dengan permintaan ibu sisi, setelah kami coba dengan beberapa studi ruang, ruang2 yang lama tidak dapat dipertahankan.
dan hasilnya adalah : kamar tidur di lantai atas mendapatkan udara dan cahaya yang baik serta luas kamar yang jauh lebih besar dibanding sebelumnya serta ruang keluarga yang nyaman karena mendapatkan bukaan langsung dari void ke atas taman. kemudian kamar pembantu, rg jemur serta kamar mandi dan ruang cucinya berada diarea belakang. terpisah dengan area dalam.
Categories: