Rumah Tinggal Ibu Sea - Bekasi

Posted by rulli rosalli - arsitek on September 14, 2010 with No comments





perecanaan : Rumah Tinggal Berkembang
Pemilik : Ibu Seanti Mustika
Arsitek : Rulli Rosalli। ST.
lokasi : Pedurenan Bekasi

Ibu Sea adalah partner desain (klien) kami yang bertemu dengan kami melalui web site kami. beliau mengirimkan emaiil konsultasinya yang berisikan keinginannya membangun rumah tinggalnya.
Setelah beberapa kali kami melakukan komunikasi, termasuk melalui telpon. kami melakukan kunjungan ke rumah ibu sea di pedurenan jakarta. setelah sebelumnya kami membuat satu usulan denah serta tampak rumah tinggalnya. disana kami meninjau lokasi rencana pembangunan dan mendiskusikan rencana rumah tinggalnya. menjelang sore ibu sea dan suaminya pak ali, telah menyepakati bersama untuk menunjuk kami sebagai perencananya.
keinginan ibu sea serta suaminya untuk rumah tinggalnya adalah : 1. rumah tersebut akan dibangun dalam dua tahap atau bisa dikatakan rumah berkembang. 2. rumah yang sehat dengan mengoptimalkan energi alam, seperti cahaya dan udara. 3. rumah yang leluasa untuk berkumpul bersama keluarga, karena keluarga beliau adalah keluarga yang mengutamakan silaturahmi dan kekeluargaan. 4. selain itu dari sisikebutuhan ruang beliau menginginkan ruang untuk tahap pertama adalah ruang-ruang yang terdiri dari kamar tidur utama, kamar anak, ruang keluarga yang leluasa, ruang tamu, ruang makan, kamar mandi dan garasi untuk motor.
sedangkan untuk tahap dua adalah kamar tidur utama yang lengkap dengan kamar mandi utama, ruang kerja bu sea dan pak ali, kamar tidur anak 2 unit, musholla, rg jemur, rg pembantu, rg cuci, rg setrika, kamar mandi pembantu. dan kolam renang.
dan pada saat kami melakukan pertemuan dengan ibu sea di pedurenan, beliau telah menyetujui layout tata ruang yang kami usulkan dengan sedikit masukkan mengenai ruang yang diinginkan pada pembangunan tahap 1 dan tahap 2.
kurang lebih 4 hari setelah pertemuan itu kami mengirimkan kembali layout tata ruang beserta tampak dari
rencana rumah tinggalnya, dan beliau langsung menyetujuinya.

Interior
Untuk pengembangan tahap pertama ibu sea sangat mengharapkan ruang-ruang di dalam rumah berkesan luas, sehingga tidak terasa sumpek atau pengap. Karena udara yang mengalir bebas dan cahaya dapat masuk secara maksimal.
Maka usulan kami untuk interior rumah tinggalnya adalah menggunakan furniture yang ringan dan multi fungsi.
- Untuk pantry : meja makan bergabung dengan meja dapur, sehingga meja makan pada saat-saat tertentu bisa digunakan untuk mengolah masakan.
- Untuk ruang duduk : rak TV yang dibuat menempel ke dinding dan berkesan tipis dengan warna dominan putih dapat memberi kesan luas.
- Untuk ruang tidur utama : konsep interior sama dengan ruang duduk ditambah dengan rencana pintu yang terbuka ke arah taman belakang lebih memperkuat konsep lapang dan terbuka.
Categories: