Rumah Tinggal Pak Anto - Surabaya

Posted by rulli rosalli - arsitek on September 13, 2010 with No comments

Perencanaan : Rumah Usaha
Pemilik : Pak Anto Sumanto
Lokasi : Sulawesi
Arsitek : Rulli Rosalli. ST & Eko J. ST

Pak Anto adalah rekan desain kami yang bertemu melalui web site. Beliau mengirimkan email konsultasinya melalui email kami pada akhir bulan november 2009.

Rumah tinggal Pak Anto adalah rumah tinggal sekaligus tempat usaha beliau dibidang usaha jual beli pakaian jadi, beliau memiliki beberapa karyawan yang membantu beliau menjalankan usahanya. Sehingga dalam konsultasinya, beliau menginginkan rumah tinggal yang dapat menampung usaha jual belinya sekaligus tempat tinggal karyawan dan pak anto sendiri.

Dalam perkembangan desainnya, kami menetapkan rumah pak anto seperti pada desain yang ke dua dimana rumah pak anto ada di lantai satu dan dua, dan ruang usaha ada dilantai dasar, sedangkan ruang karyawan di posisikan di lantai dua. Untuk menghindari bercampurnya area privat dan area publik, kami menempatkan tangga penghubung antar lantai yang terpisah, terutama dari lantai satu ke lantai dua, sehingga karyawan Pak Anto tidak harus melalui rumah Pak Anto saat mereka akan mencapai ruang istirahatnya. sedangkan untuk pencapaian keluarga dari lantai satu ke lantai dua kami menempatkan tangga didalam area rumah tinggal pak anto.

Karena keterbatasan lahan, kami mengusulkan ruang2 di rumah pak anto berfungsi secara maksimal. seperti ruang makan yang menyatu dengan dapur, ruang keluarga yang berkesan menyatu dengan ruang makan dan ruang tamu sehingga ruang didalamnya terasa lebih leluasa, ditambah dengan bukaan setiap lantai yang lebar dan tinggi sebagai akses udara dan cahaya kedalam rumah.

Kamar tidur utama walaupun tidak terlalu luas tapi sudah dapat menampung aktifitas penggunanya, hal ini dilengkapi dengan kamar mandi didalam kamar tidur. Begitu juga dengan kamar tidur anak yang terdiri dari 2 unit kamar tidur sudah mendapatkan kamar mandi sendiri. sedangkan untuk kamar mandi karyawan kami tempatkan di lantai dasar, sehingga kamar mandi di lantai dasar ini dapat difungsikkan juga sebagai kamar mandi umum untuk tamu yang datang ke toko atau berkunjung ke rumah pak anto.
Categories: