Rumah tinggal Pak Andri Steve - Papua

Posted by rulli rosalli - arsitek on September 13, 2010 with No comments

Perencanaan : Desain Fasad Rumah Tinggal
Pemilik : Pak Andri Steve
Lokasi : Papua
Arsitek : Rulli Rosalli. ST dan Lutfi A. ST

Tahun 1998. Pak Andri mengontak kami melalui grup kami, Media konsultasi desain arsitektur. Beliau mengatakan kepada kami bahwa beliau sudah membuat sebuah denah rumah yang sudah mulai dilakukan pemasangan pondasi, sementara beliau masih belum mendapatkan fasad rumah yang tepat untuk rumah tinggalnya.
Maka dengan konsultasi yang kami lakukan dengan Pak Andri melalui email dan YM kami akhirnya mendapatkan sebuah desain fasad yang tepat untuk rumah tinggal pak andri.

Ada beberapa hal yang kami anggap penting dalam pembuatan fasad rumah pak andri :
1. Kamar tidur utama yang tidak memiliki akses ke ruang luar, akan mengakibatkan kamar tidur utama tersebut menjadi gelap dan pengap, kondisi tersebut dapat diperburuk oleh posisi kamar mandi yang berada didepan kamar tidur utama, karena bau dari kamar mandi bisa saja masuk kedalam kamar tidur.
2. ruang keluarga sebagai ruang inti, ruang berkumpul keluarga sangat disayangkan tidak memiliki akses keluar berupa bukaan yang dapat memaksimalkan fungsi ruang keluarga ini menjadi ruang yang nyaman dengan suasana yang menyenangkan.
3. dapur yang berada diposisi kamar mandi belakang dan ruang keluarga, harus mendapatkan bukaan untuk sirkulasi udara, sehingga bau dari dari dapur dapat diminimalkan untuk tidak masuk kedalam ruang keluarga.

Maka pada saat kami membuat fasad, kami mencoba memberikan bukaan yang lebar dan tinggi yang dapat memecahkan permasalahan yang dapat ditimbulkan oleh ruang-ruang yang terbentuk diatas. Jika dilihat dari fasad yang kami desain, bukaan dua kamar tidur anak dibagian depan, kami berikan bukaan yang lebar untuk dapat memberikan nilai tambah untuk aliran udara yang masuk kedalam rumah, ditambah dengan jendela yang tinggi yang kami tempatkan di ruang antara dua kamar tidur anak, sehingga rencana memperoleh udara dan cahaya alami dari luar kedalam ruang keluarga dapat terpenuhi. Sementara itu untuk kamar tidur utama, kami memasang bouveligh yang berfungsi sebagai akses udara dan cahaya kedalam kamar tidur utama. Oleh karena itu, posisi atap diatas kamar tidur lebih tinggi dibanding atap yang lain. Untuk dapur, kami memberikan usulan adanya sekat antara lorong ruang servis ke arah ruang keluarga, dan dari lorong ke area jemur terbuka tanpa tutup sehingga udara dapat mengalir dengan baik disekitar ruang servis.

Untuk material dan warna fasad. kami lebih menyarankan kearah warna krem dan abu-abu, untuk menyeimbangkan material batu tempel yang kami pasang dibagian muka rumah yang kami harap dengan adanya material batu tempel tersebut, fasad rumah akan terlihat lebih sejuk di suasana panas papua.
Categories: